KARNAVAL BUDAYA NUSANTARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE-79

  • Sep 11, 2024
  • Cendoro

Cendoro, 25 Agustus 2024 - Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-79, Pemerintah Desa Cendoro bersama Karang Taruna menggelar acara karnaval budaya yang dilaksanakan pada hari Minggu (25/08/2024). Karnaval ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, diantaranya yaitu, lembaga pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs dan masyarakat umum Desa Cendoro. Kepala Desa beserta perangkat Desa Cendoro pun turut berpartisipasi dalam karnaval ini.

Kegiatan karnaval dimulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00 dengan start di lahan persawahan milik Bapak Tasram Dusun Cendoro Selatan dan finish di halaman SDN 1 Cendoro, Dusun Cendoro Utara. Partisipan karnaval menampilkan beraneka ragam budaya Nusantara sebagai simbol persatuan dan kebhinekaan Indonesia. Budaya yang ditampilkan mulai dari adat Papua, Bali, Aceh, Betawi, Suku Jawa, Kalimantan dan lainnya. Dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Cendoro, Yuli Cahyo Utomo memberikan sambutan dan pelepasan.

Setiap peserta menampilkan kreativitas mereka melalui kostum unik dan pertunjukan seni tari yang memukau. Para peserta sangat antusias dalam menampilkan penampilan terbaiknya. Suasana semakin semarak dengan iringan musik tradisional dan modern yang menggetarkan suasana karnaval Desa Cendoro. Untuk menyukseskan acara tersebut, Kepala Desa Cendoro bekerja sama dengan Babinsa Cendoro dan BabinKantibmas Cendoro untuk membantu melakukan pengamanan mulai dari titik awal keberangkatan sampai titik finish. Kegiatan karnaval ini berlangsung tertib dan aman mulai awal hingga berakhirnya acara.