CETAK GENERASI SEHAT DAN BERKUALITAS MELALUI SEKOLAH ORANG TUA HEBAT (SOTH)

  • Nov 06, 2023
  • Cendoro

Sekolah Orang Tua Hebat atau yang biasa disingkat dengan SOTH merupakan salah satu program sekolah pengasuhan yang digagas Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). SOTH diselenggarakan untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. Hal ini guna mengoptimalkan tumbuh kembang dan karakter positif anak. SOTH dilakukan dalam rangka penurunan angka stunting yang terjadi akibat pola asuh yang kurang tepat.

Dalam pelaksanaannya, SOTH di Desa Cendoro dilakukan secara tatap muka selama 14 kali dengan disertai pretest dan posttest. Sesuai jadwal yang telah disepakati, SOTH dilaksanakan mulai tanggal 4 Oktober 2023 sampai 12 Desember 2023. Tim Penggerak PKK, PLKB dan kader Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan SOTH yang berlangsung di Balai Desa Cendoro. Kegiatan SOTH ini diikuti oleh 50 orang tua yang merupakan wali murid dari siswa PAUD yang ada di Desa Cendoro.

Pada pertemuan pertama materi yang dibahas tentang Perencanaan Hidup Berkeluarga dan Harapan Orang Tua Terhadap Masa Depan Anak. Metode pembelajaran yang digunakan yakni Metode Diskusi dimana pembelajaran berlangsung secara dua arah. Ibu-ibu pun turut aktif dalam memberikan pendapatnya terkait issue yang dibahas. Dengan adanya SOTH, diharapakan dapat menambah pengetahuan orang tua dalam pola asuh anak sehingga dapat membentuk generasi emas yang sehat dan berkualitas di masa yang akan datang.